Pembelajaran dengan Media Berbasis Problem Base Learning pada Materi Tekanan dalam Mengembangkan Sikap Peserta Didik

Authors

  • Dewi Rahmawati Rahmawati IAIN Jember
  • Desi Wulandari Institut Agama Islam Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.14

Keywords:

Affectiv, Curriculum 2013, Torriceli Law, PBL (Problem Based Learning), Pressure

Abstract

Dalam pembelajaran IPA untuk memenuhi ketentuan dalam kurikulum 2013 bahwasanya pembelajaran dilakukan dengan mengajarkan materi pada peserta didik untuk mengembangkan kompetensi yaitu kompetensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Untuk melaksanakan pembelajaran tersebut pembelajaran yang diterapkan yaitu mengajarkan materi tekanan hidrostatis. Pembelajaran IPA pada materi Tekanan dengan submateri Tekanan Hidrostatis serta dalam penerapan sehari-harinya dilakukan dengan model Problem Base Learning. Model tersebut disajikan sebuah demonstrasi produk dari guru untuk mengamati percobaan yang didemonstrasikan. Submateri yang disampaikan juga terkait materi Hukum Torricelli dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dengan materi tersebut diintegrasikan dalam ranah afektif yaitu spiritual dan sosial serta keterpaduan antara cabang ilmu lainnya. Kajian spiritual yang diberikan disajika dalam mengaitkan atau mengitegrasikan dengan firman Allah SWT. QS. QS. Al-Ma’arij (70): 19-35 dan (QS. Asy-Syarh (94): 5-6). Dalam kajian sosial yaitu dapat dipadukan dengan kegiatan pemeliharaan kelestarian dan peduli lingkungan dalam firman Allah SWT. (QS An Nahl 16:10). Dalam memenuhi kompetensi dalam kurikulum 2013 pembelajaran, pemebelajaran dalam ranah pengetahuan yang bersifat keterpaduan IPA yaitu kajian fisika dengan biologi tentang siklus hidurologi dapat dikaji dan dilakukan pembelajaran dengan menjelaskan kandungan ayat dalam firman Allah SWT. QS. An Nur : 43. Dengan menyertakan firman Allah SWT. agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial bermsyarakat.

Kata kunci: Afektif, Hukum Torriceli, Kurikulum 2013, PBL (Problem Based Learning), Tekanan

In science learning to meet the provisions in the 2013 curriculum, learning is carried out by teaching material to students to develop competencies, namely the competence of spiritual, social, knowledge and skills attitudes. To carry out this learning, the thing applied is to teach hydrostatic pressure material. Science learning on Pressure material with submaterial Hydrostatic Pressure and in its daily application is carried out with the Problem Base Learning model. The model presented a product demonstration of the teacher to observe the experiment being demonstrated. The sub-material presented is also related to Torricelli's Law material and its application in everyday life. Learning with this material is integrated in the affective realm, namely spiritual and social as well as integration between other branches of science. The spiritual studies given are presented in linking or integrating with the word of Allah SWT. QS. QS. Al-Ma'arij (70): 19-35 and (Surah Asy-Syarh (94): 5-6). In social studies, it can be combined with activities to maintain sustainability and care for the environment in the word of Allah SWT. (Surah An Nahl 16:10). In fulfilling the competencies in the 2013 learning curriculum, learning in the realm of knowledge that is integrated in science, namely the study of physics with biology about the hidurology cycle, can be studied and carried out by explaining the content of the verse in the word of Allah SWT. QS. An Nur: 43. By including the word of Allah SWT. so that it can be applied in everyday life, both in the family environment and in the social environment.

Keywords: Affectiv, Curriculum 2013, Torriceli Law,  PBL (Problem Based Learning), Pressure

References

S. I. Zulfa, A. Nikmah, and E. K. Nisak, “Analisis Penguasaan Konsep pada Tekanan Hidrostatis dan Hukum Pascal Mahasiswa Pendidikan Fisika,” p. 6, 2019.

I. Rahmawati, A. Hidayat, and S. Rahayu, “Peguasaan Konsep IPA Siswa SMP pada Materi Tekanan pada Zat Cair dan Aplikasinya,” vol. 4, no. 3, p. 11, Sep. 2016.

I. Rahmawati, A. Hidayat, and S. Rahayu, “Peguasaan Konsep IPA Siswa SMP pada Materi Tekanan pada Zat Cair dan Aplikasinya,” p. 11, Sep. 2016.

S. W. Pujaningtyas, B. Kartakusumah, and Z. K. Lathifah, “Penerapan Model Experiential Learning Pada Sekolah Alam Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan,” TADBIR MUWAHHID, vol. 3, no. 1, p. 40, May 2019, doi: 10.30997/jtm.v3i1.1653.

I. L. Mariatun and Indriani, Dian Eka, “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila melalui Kurikulum K13 di Sekolah Dasar,” p. 8.

I. Islahudin, F. Riadi, R. Rosdaniah, and Y. Y. Yustina Yuyun, “Rancang Bangun Sensor Tekanan Berbasis Koil Datar Untuk Mengukur Tekanan Hidrostatis Air Bendungan Rawan Banjir di Wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat,” Orbita J. Kaji. Inov. Dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 1, p. 1, Jun. 2019, doi: 10.31764/orbita.v5i1.893.

I. Safitri, “Pembelajaran Tekanan Hidrostatik, Kapilaritas, Dan Debit Zat Cair Melalui Power Point, Video, Dan Modul Eksperimen,” vol. 2, no. 2, p. 6, 2015.

M. M. Chusni, K. Nisa, and M. Haidir, “Penerapan Diferensial untuk Mengukur Laju Perubahan Volume Air Galon,” p. 6.

I. Safitri, “Pembelajaran Tekanan Hidrostatik, Kapilaritas, dan Debit Zat Cair Melalui Power Point, Video, Dan Modul Eksperimen,” vol. 2, no. 2, p. 6, 2015.

N. Nurdyansyah and F. Amalia, “Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem,” p. 8.

Y. D. Haryanti, “Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 3, no. 2, Jul. 2017, doi: 10.31949/jcp.v3i2.596.

N. Shofiyah and F. E. Wulandari, “Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 3, no. 1, p. 33, Aug. 2018, doi: 10.26740/jppipa.v3n1.p33-38.

Y. K. Adi, “Analisis Muatan Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas III SD Semester 1,” Profesi Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, p. 23, Jan. 2018, doi: 10.23917/ppd.v1i1.3754.

D. Febrianshari and D. W. Ekowati, “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now,” J. Pemikir. Dan Pengemb. Sekol. Dasar JP2SD, vol. 6, no. 1, p. 88, Jun. 2018, doi: 10.22219/jp2sd.v6i1.5907.

M. Saftari and N. Fajriah, “Penilaian Ranah Afektif dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar,” Edutainment J. Ilmu Pendidik. Dan Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 71–81, Aug. 2019, doi: 10.35438/e.v7i1.164.

A. Riscaputantri and S. Wening, “Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten,” J. Penelit. Dan Eval. Pendidik., vol. 22, no. 2, pp. 231–242, Dec. 2018, doi: 10.21831/pep.v22i2.16885.

L. E. Maimunah Ummu Sa’idah, “Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an Surah Al-Ma’arij Ayat 19-35 (Kajian Tafsir Al-Maraghi),” Kuttab J. Ilm. Mhs., vol. 1, no. 1, p. 43, Jan. 2019, doi: 10.33477/kjim.v1i1.883.

Z. Z. Nisa, “Konsep Pengelolaan Air dalam Islam,” J. Penelit., vol. 14, no. 1, p. 77, Aug. 2017, doi: 10.28918/jupe.v14i1.815.

A. R. B. Nugroho and I. P. Haty, “Perubahan Sistem Kelestarian Air Tanah di Cekungan Air Tanah Wates Akibat Pembangunan Bandara Internasional Temon Kabupaten Kulonprogo DIY,” vol. 3, p. 13, 2015.

Published

2021-05-05

How to Cite

Rahmawati, D. R., & Wulandari, D. (2021). Pembelajaran dengan Media Berbasis Problem Base Learning pada Materi Tekanan dalam Mengembangkan Sikap Peserta Didik. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 1-15. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.14