Analisis Studi Kelayakan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 2 Tempurejo

Authors

  • Retno Bulan Amalatus IAIN JEMBER
  • Risma Nur Alifha Program Studi Tadris IPA IAIN Jember
  • Ifatus Sulviah Ningsih Program Studi Tadris IPA IAIN Jember
  • Andi Hartono Program Studi Tadris IPA IAIN Jember
  • Mohammad Ikbal Program Studi Tadris IPA IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.25

Keywords:

equipment, feasibility study, laboratory, natural science, practicum

Abstract

SMPN 2 Tempurejo merupakan salah satu sekolah dengan daerah terpencil yang memiliki fasilitas penuh terhadap mata pelajaran IPA. IPA adalah salah satu mata pelajaran yang mempelajari tentang fenomena alam dengan berbagai bidang kajian di dalamnya. IPA sangat erat kaitannya dengan praktikum dan laboratorium. Tidak etis rasanya mempelajari IPA tanpa melakukan praktikum di laboratorium. Dengan adanya sebuah permasalahan mengenai ruangan laboratorium yang multifungsi, maka peneliti bertujuan untuk melakukan studi kelayakan laboratorium IPA di SMPN 2 Tempurejo. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis dengan instrumen wawancara kepada guru IPA di SMPN 2 Tempurejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan ruangan yang multifungsi dapat menjalankan segala kegiatan laboratorium dengan semestinya, aman, dan tertib terhadap prosedur yang ada, serta dapat dikatakan layak dalam penggunaan laboratoriumnya.

Kata Kunci: IPA, kelengkapan, laboratorium, praktikum, studi kelayakan 

 

SMPN 2 Tempurejo is one of the schools in remote areas that has full facilities for science subjects. Science is a subject that studies natural phenomena with various fields of study in it. Science is closely related to practicum and laboratory. It is unethical to learn science without doing lab work. With a problem regarding a multifunctional laboratory room, the researchers aimed to conduct a feasibility study for the science laboratory at SMPN 2 Tempurejo. The method used is descriptive analysis method with interview instruments to science teachers at SMPN 2 Tempurejo. The results showed that a multifunctional room could carry out all laboratory activities properly, safely and in an orderly manner towards existing procedures, and it could be said that it was feasible to use the laboratory.

Keywordsequipment, feasibility study, laboratory, natural science, practicum

 

References

Anggraeni, E. B. (2001). PENGANTAR EPIDEMIOLOGI EDISI 2. Jakarta: PENERBIT BUKU KEDOKTERAN EGC.

Dasar, P. (2007). Manajemen laboratorium. 1–15.

Fatah, Z. (2017). Sistem Informasi Laboratorium Ipa Di Man Bodowoso Menggunakan Php Dan Mysql, 3(2), 74–81.

Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi MOdern. Yogyakarta: ANDI.

Hofstein, A dan R.M. Naaman. (2007). The laboratory in science education: the state of the art. Journal the Royal Society of Chemistry, 8. (2), 105-107

Ismail Nurdin, S. H. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Laboratorium, D., Yogyakarta, P., Sugiharto, A. D., Sutanto, A., & Hidayat, A. C. (2020). Analisis Patient Safety. 5(1), 24–36.

Meita, N. M. (2017). Studi Kelayakan Pengelola Laboratorium IPA SMP N 4 Sumenep. Pendidikan IPA, 7, 40–47.

Putri, D. P., & Fatmawati, A. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Manggar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 4(2), 1–8.

Salabi, A. (2016). Needs Assessment Laboratorium Biologi Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) Di Kota Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 27–34.

Wiratma, I. G. L., & Subagia, I. W. (2014). Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja : ( Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti ). Science Education, 3(2), 425–436.

Published

2021-06-23

How to Cite

Amalatus, R. B., Alifha, R. N., Ningsih, I. S., Hartono, A., & Ikbal, M. (2021). Analisis Studi Kelayakan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 2 Tempurejo. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 49-55. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.25